Ujian Praktek TIK SMP IT Mutiara Insan Sukoharjo

Refleksi Mengenai Kontribusi

Tuesday, August 22, 2023

 

Mengutip kalimat dari mbak Najwa Shihab host acara talkshow Mata Najwa ketika memberi motivasi kepada para mahasiswa bahwa “Menjadi mahasiswa adalah sebuah privilege”. Ya, benar. Menjadi seorang mahasiswa merupakan sesuatu yang sangat istimewa. Mengapa demikian? Tentunya karena hanya sebagian pemuda dari sekian banyak pemuda seumuran kita yang dapat merasakan nikmatnya pendidikan di Perguruan Tinggi. Terlebih lagi apabila Perguruan Tinggi tersebut merupakan top 10 Perguruan Tinggi terbaik di negara ini. Terdengar sangat keren bukan? Akan tetapi dibalik itu, mahasiswa perlu memiliki tanggung jawab kontribusi. Dalam hal ini yaitu kontribusi terhadap permasalah yang ada pada sekitarnya.

Bagi saya, tingkatan kontribusi tertinggi di masyarakat adalah dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap perbaikan kondisi manusia dan lingkungannya. Hal ini dapat dilakukan melaui berbagai upaya, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, dalam berkontribusi juga baiknya mampu mengajak orang lain untuk ikut serta berperan kontributif.

Belakangan ini, saya sendiri sedang mencoba untuk berkontribusi pada bidang pendidikan. Dikarenakan pendidikan tinggi yang saya tempuh adalah pada program studi Teknik Elektro, maka saya mencoba untuk mengajarkan ekskul robotika dasar kepada anak anak SD di daerah Sleman Yogyakarta. Betapa beruntungnya anak SD zaman sekarang, sejak dini sudah dapat menikmati serunya dan nikmatnya materi robotik. Harapan saya kedepannya, ketika sudah remaja mereka akan menjadi SDM unggulan di bidang robotik dan mampu bersaing secara global.

Di tahun 2030 nanti, Indonesia diperkirakan akan menjadi 7 besar negara ekonomi terbesar dunia. Pada masa itu, bidang teknologi akan menjadi salah satu bidang yang menopang keberlangsungan ekonomi dunia. Oleh sebab itu, saat ini saya sedang menimba ilmu di program studi yang erat kaitannya dengan teknologi. Kemudian kelak kedepannya saya berharap dapat memberikan banyak kontribusi khususnya pada bidang teknologi.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Ibnu Rosyid | 2.Sumiyati | Oka Rofi
Redesign by Oka Rofi Copyright © 2011. OkaRofi Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger