Ujian Praktek TIK SMP IT Mutiara Insan Sukoharjo

Integralitas Islam dalam Seluruh Aspek Kehidupan 2

Thursday, August 17, 2023

[note: dikarenakan website ceritabaik.id sedang tidak dapat digunakan maka saya izin upload tugas bulanan disini]



Kajian Islam Kontemporer

Ahad, 23 Juli 2023

Al – Mukarrom Ustadz Drs. Musholli


Prolog: Pada peristiwa Hijrah Nabi Muhammad, terdapat kejadian yang menentukan apakah dakwah Islam akan berlanjut atau tidak. Yakni ketika Ali bin Abi Thalib mengkamuflasekan Nabi Muhammad yang sedang tidur di ranjangnya. Hijrah Nabi Muhammad merupakan sebuah cikal bakal suatu negara yang dipimpin oleh Nabi Muhammad, yaitu Madinah.

Syumuliyatul Islam:

1.      Rukun Iman     : Landasan Moral (Tauhid) berupa keyakinan dan aqidah. Substansinya kepada Allah SWT. Rukun Iman ada di dalam jiwa dan Allah meminta jika engkau memang beriman kepadaku maka buktikanlah. Syirik yang paling ringan adalah riya’. Riya’ tidak dosa akan tetapi menghapus pahala. Sebaik – baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya.

2.      Rukun Islam    : Landasan Operasional. Berupa rukun Islam yang lima: Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat, Haji. Kenapa rukun pertama syahadat? Karena merupakan suatu pengakuan rukun iman. Sholat memiliki substansi untuk mencegah seseorang melakukan perbuatan yang keji dan mungkar. Puasa, Zakat, dan Haji juga memiliki berbagai hikmah yang penting bagi kehidupan kita.

3.      Rukun Ihsan    : Kualitas Moral dan Operasional. Rukun ihsan atau kualitas dari operasional kita harus benar benar terjaga. Biasanya disebut dengan nama akhlaqul karimah.  Bukan hanya sekedar lemah lembut dan kasih sayang namun juga professionnalisme dan kualitas yang baik. Ihsan juga merupakan suatu ketegasan dalam dunia professionalisme.

Pemahaman Tentang 3 Sektor Kehidupan:

  1.  Publik: Bentuknya berupa lembaga Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif. Misinya untuk kesejahteraan seluruh warga negara. Motifnya nonprofit. Karakteristik dari sektor ini yaitu mengelola kebijakan, regulasi, mendorong persamaan, mencegah eksploitasi, dan mendorong kohesi sosial.
  2. Private: Bentuknya berupa perusahaan BUMN/BUMD, Swasta, Koperasi. Misinya untuk kesejahteraan pemilik usaha, pengelola, dan customer. Motifnya profit. Karakteristik dari sektor ini yaitu berupa fungsi ekonomi, fungsi investasi, orientasi profit, dan promosi kemandirian.
  3. Sektor Ketiga: Bentuknya bisa berupa Partai Politik, Lembaga Sosial Keagamaan, NGO, LSM, Yayasan, dan lain lain. Misinya untuk kesejahteraan yang belum bisa diisi oleh pelayanan yang diberikan oleh publik dan swasta. Motifnya berupa kesinambungan. Karakteristik dari sektor ini adalah sebagai fungsi sosial, kerja volunteer, mendorong tanggung jawab individu, dan mendorong masyarakat untuk semakin berkomitmen mensejahterakan orang lain.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Ibnu Rosyid | 2.Sumiyati | Oka Rofi
Redesign by Oka Rofi Copyright © 2011. OkaRofi Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger