Ujian Praktek TIK SMP IT Mutiara Insan Sukoharjo

Sharing Alumni: Kisah Menempuh Pendidikan Tinggi di Swiss

Tuesday, November 28, 2023

 


Senin, 30 Oktober 2023 Rumah Kepemimpinan Regional Nusantara Putra 2 atau biasa disebut Arkhosophia kembali mengadakan kegiatan sharing alumni. Alumni inspiratif yang diundang kali ini adalah kak Dinda Shezaria Hardy Lubis. Kak Dinda merupakan seorang penerima Beasiswa LPDP yang kini menempuh studi S2 di University of Bern di negara Swiss. Dalam kegiatan sharing alumni ini, kak Dinda banyak menceritakan pengalamannya ketika sedang menempuh pendidikan tinggi di negara Swiss.

Salah satu hal yang menarik dari Kak Dinda adalah selain  mengejar gelar akademik di Swiss, beliau juga menjadi ketua PPI Swiss dan Liechtenstein untuk periode 2023/24. Pada sesi sharing ini, Kak Dinda memberitahukan kepada kami bahwasannya persaingan di era globalisasi zaman sekarang sangatlah ketat. Dengan kita mengunjungi atau bahkan belajar di luar negeri, kita akan mendapatkan sudut pandang yang lebih lebar mengenai bangsa kita. Selain itu, belajar di luar negeri juga akan menjadi nilai tambah bagi kita ketika hendak bersaing secara global.

Banyak aspek yang diceritakan oleh Kak Dinda terkait menempuh pendidikan tinggi di luar negeri, khususnya negara Swiss. “Dengan menempuh S2 di luar negeri, kita akan menghadapi berbagai budaya baru”. Maka dari itu pengalaman tersebut akan membuka wawasan kita mengenai apa yang ada pada belahan bumi lain. “Koneksi dan akses internasional, kompetensi multibahasa, dan pendidikan yang lebih diversifikasi juga menjadi keuntungan,” tambah Kak Dinda.

Sebelum sesi berakhir, Kak Dinda memberikan tips kepada kami terkait persiapan yang harus dilakukan ketika hendak menempuh pendidikan tinggi di luar negeri. Kata Kak Dinda “90% adalah kesadaran diri sendiri, sebelihnya 10% merupakan persiapan administrasi”. Hal utama yang menjadi kunci dalam persiapan adalah tentang tujuan karir akademik jangka panjang, perencanaan biaya dan peluang beasiswa, kesiapan mental, dukungan keluarga, konsultasi dengan mentor, dan kehidupan spiritual.

Dengan berakhirnya sesi sharing alumni ini bersama Kak Dinda Shezaria Hardy Lubis, kita tidak hanya diberikan wawasan mendalam tentang pengalaman belajar di luar negeri, tetapi juga inspirasi untuk menjalani perjalanan pendidikan tinggi dengan maksimal. Cerita Kak Dinda tidak hanya membuka mata kita terhadap keberagaman budaya di Swiss, tetapi juga menunjukkan bahwa melampaui batas geografis membawa dampak positif pada pemahaman kita tentang bangsa dan diri sendiri. Semoga berkat adanya semangat dan tips yang diberikan oleh Kak Dinda, diharapkan kita semua dapat lebih berani dalam merencanakan dan menjalani perjalanan pendidikan tinggi internasional serta sukses memetik hikmah yang berarti.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Ibnu Rosyid | 2.Sumiyati | Oka Rofi
Redesign by Oka Rofi Copyright © 2011. OkaRofi Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger